5 Makanan Olahan Sayur yang Sehat dan Mengenyangkan

5 Makanan Olahan Sayur yang Sehat dan Mengenyangkan

Sayur mayur yang dikonsumsi sebagian banyak orang hanya sebatas pelengkap menu saja, umumnya disajikan dalam bentuk tumis. Idealnya untuk jumlah dan porsi yang disajikan harus seimbang demi menjaga kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Olahan sayur yang baik, ialah olahan yang tidak menghilangkan unsur vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya.

Olahan sayur sangat efektif bila dijadikan sebagai makanan alternatif pengganti makanan instan dan junk food. Berikut ini beberapa makanan yang komposisi sebagian besarnya berisi sayuran.

1. Pecel

Makanan satu ini mudah dijumpai hampir di seluruh tempat-tempat di Jawa. Makanan yang berisikan sayur lengkap seperti kacang panjang, daun bayam, daun singkong, taoge, irisan wortel, irisan kobis dan masih banyak jenis sayur yang dihidangkan bila ingin divariasikan lebih lengkap. Dihidangkan saat masih segar, sangat nikmat sekali. Harga terjangkau, nutrisi tubuh tercukupi, pencernaan lancar dan yang pasti mengenyangkan.


2. Gado-gado

Serupa dengan pecel tapi tak sama, yang membedakannya ialah topping yang ditambahkan. Kebanyakan gado-gado menambahkan irisan ketupat serta telor ayam rebus. Makanan ini juga cukup lengkap untuk porsi makan berat, karena sudah ada telor sebagai protein hewani, ketupan sebagai karbohidrat, sayuran sebagai vitamin dan mineral.


3. Lotek

Varian yang bahan utamannya sama seperti pecel dan gado-gado hanya saja lotek tidak ada campuran telor di dalamnya, penggantinya ialah irisan gorengan sehingga ada rasa-rasa gurih dan kenyal dari gorengan tersebut.


4. Salad

Makanan jenis ini, lebih populer di negara-negara Eropa yang tidak terlalu banyak mengenal sambal dan produk olahan bumbu dapur. Umumnya salad disajikan mentah dan segar kemudian ditambahkan mayonnaise dan minyak zaitan. Salad cocok bagi vegetarian, kadang beberapa vegetarian menambahkan tempe dan tahu di dalamnya.


5. Sop

Sayur bayam, kubis dan wortel, sayuran yang lazim ada dalam kuah air kaldu sapi ataupun ayam, sedikit rebusan tulang ayam dan sapi, sungguh terasa menyegarkan. Anak-anak sampai dewasa menyukai sop apalagi di saat hujan.


Makanan Olahan Sayur yang sehat dan mengenyangkan tersebut sudah melekat di lidah masyaraka umum. Kehadirannya menambah khasanah kuliner nusantara yang beragam. Hal ini mengindikasikan bahwa makanan asli Indonesia bukan hanya enak tapi juga sehat.  

Artikel Terkait

5 Makanan Olahan Sayur yang Sehat dan Mengenyangkan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 komentar:

POST COMMENT

Silakan kawan-kawan menuliskan komentar untuk membangun Tamkulku menjadi lebih baik dari sebelumnya. Salam Kuliner!!"

October 20, 2020 at 2:11 PM delete

Menarik, lagi pengen bikin makanan yang banyak sayurnya

KLIK ME

Reply
avatar