Legendary Ice from Ngapak, Apa Itu?

Udah banyak yang tahu belum kalo ternyata ada jenis es lilin asli buatan daerah ngapak, tepatnya di Purwokerto. Kalo anak muda sekarang mah tahunya Walls, Campina sama Aice doang. Padahal ada lho es lilin enak dan murah, yaitu Es Brasil.

Es Brasil sendiri ada sudah cukup lama, jaman bapak/ibu kalian masih muda, mereka lebih dulu mencicipi jenis es lilin ini. Es Brasil bisa menjadi es kenangan mereka di masa lalu. Bahkan saking legend-nya beberapa penikmat Es Brasil mampir langsung ke kedainya. Berikut ini penampakan logo Es Brasil :

Es Brasil

Yang disediakan tidak hanya es lilin saja tetapi juga kopi. Varian rasa Es Brasil kental nuansa Indonesia, seperti rasa kacang ijo, rujak, dawet, kolang kaling, kopi, ketan hitam, kelapa muda, tape dan durian. Bentuknya pun bermacam-macan disesuaikan dengan harganya, berikut contoh Es Brasil yang ada dan masih banyak jenis yang lain :

Es Brasil

Bentuknya ada yang kotak-kotak ada yang memanjang seperti pada gambar. Karena bentuk dan porsi es-nya beda, harganyapun beda pula. Setahuku sekarang yang kecil Rp. 1500,- kalo yang gede mungkin Rp. 3000-5000,- kayaknya.

Es Brasil

Varian rasa es lonjong sama kotak hampir sama gak ada bedanya. Tamkulku paling suka yang kacang ijo, rasa susu sama kacang ijo-nya kerasa banget. Kondisi beku enak pas melelehpun gak kalah seger. Ini yang ngebedain manis es krim sama es lilin. Es krim mah kebanyakan cream, bahan buat creamer kopi gitu jadi kalo meleleh gak enak. 

Es Brasil

Tidak ada salahnya ketika berkunjung ke Purwokerto mampir ke tempat sakral tersebut. Menikmati segarnya es lilin dengan nuansa-nuansa tempo dulu. Pas mampir, sempatkan makan juga bisa, karena Es Brasil menyediakan warung makan juga sekalian jual kopi sama jual es.

Artikel Terkait

Legendary Ice from Ngapak, Apa Itu?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

POST COMMENT