Manfaat Buah Semangka

Kenapa kali ini Tamkulku review semangka? Karena eh karena, seringnya kalo dikantor dikasih katering, semangka isinya. Konon semangka gak cocok buat penderita tekanan darah rendah apa iya? Hmm.. Coba Tamkulku jelasin bentar ya khasiat buah semangka.

Manfaat Buah Semangka

Eitts sebelum Tamkulku jelasin, buah semangka yang bullet besar kayak lemon, melon kali. Iya itu maksudnya, ada 2 jenis warna merah sama kuning. Enaknya dihidangkan saat cuaca panas, diruangan dingin baru ngambil dari kulkas.. Nyes banget pasti. Kelupaan, khasiat buah semangka yaitu:


1. Mencegah Asma

Bukan mengobati tapi hanya mencegah untuk tahap gejala atau penyakit pernafasan yang bisa menjadi asma. Kandungan vitamin C dalam tubuh meningkatkan imun (kekebalan dalam tubuh termasuk mencegah gangguan pernapasan).

2. Menurunkan Tekanan Darah 

Sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah. Cocok dikonsumsi penderita tekanan darah tinggi. Ini sebabnya penderita tekanan darah renda tidak disarankan memakan buah ini.


3. Menangkal Kanker 

Semangka memiliki vitamin C yang sangat tinggi dan zat licopen. Kedua zat tersebut mampu melindungi tubuh dari radikal bebas penyebab kanker dan menjadi sumber antioksidan yang baik bagi tubuh.

4. Mengatasi Sembelit

Semangka mengandung air yang tinggi, mampu mengatasi sembeli karena serat buah semangka larut ke dalam usus. Serat semangka membentuk gel alami untuk melancarkan penyerapan nutrisi dalam tubuh dan melancarkan buang air besar.

5. Mencegah Dehidrasi 

Dehidrasi disebabkan karena tubuh kekurangan asupan air mineral dalam tubuh dengan mengkonsumsi semangka asupan air dalam tubuh dapat terganti karena semangka kayak akan kandungan air.

6. Mencegah Peradangan

Kandungan senyawa kolin dalam tubuh mampu menjaga keseimbangan otot tubuh, selain itu senyawa kolin berkhasiat menyeimbangkan kesehatan sel tubuh, serta membantu proses penyerapan lemak dalam tubuh.

7. Membuat Kulit Lembut dan Halus

Kaya vitamin A dalam buah semangka mampu memperbaiki jaringan sel tubuh pada bagian rambut dan kulit, menjaga kulit tetap halus dan lembab.

8. Mengatasi Nyeri Otot 

Senyawa asam amino citruline yang mampu meredakan nyeri sehingga otot menjadi lebih rileks.


9. Sumber Kolagen Alami 

Kolagen berfungsi menjaga elastisitas kulit.

10. Memelihara Kesehatan Jantung dan Tulang 

Senyawa likopen yang terkandung pada buah semangka membantu memelihara kesehatan jantung dan tulang. Melancarkan pembuluh darah dalam jantung dan mempertahankan kepadatan tulang serta mempercepat penyerapan kalsium.


11. Buah untuk Diet 

Asam amino citruline ampuh mengatasi lemak yang menumpuk pada tubuh.

12. Mengatasi Peradangan 

Senyawa fenolik, triterpenoid, karotenoid, dan flavonoid, senyawa ini akan membantu tubuh dalam membuat sistem kekebalan alami.

13. Melancarkan Urin 

Kandungan air yang banyak bisa meningkatkan aliran urin dalam tubuh sehingga meringankan kerja ginjal.


14. Mencegah Pembentukan Lemak 

Semangka membuat tubuh merasakan efek alkali dari air yang dikandungnya yang dapat membuat tubuh menghindari berbagai jenis penyakit dari makanan yang mengandung leman dan zat asam lain.

15. Memelihara Kesehatan Mata 

Vitamin A dan zat beta karoten mampu memelihara kesehatan retin dan lensa mata.

16. Mencegah Impotensi 

Senyawa asam amino citruline akan diubah menjadi arginin untuk membantu mencegah masalah disfungsi ereksi. Semangka juga mampu meningkatkan kesuburan, mengurangi rasa lemah dan mampu meningkatkan libido.

Artikel Terkait

Manfaat Buah Semangka
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

POST COMMENT