Perbedaan Gelato dan Es Krim

Sekarang ini di Jogja lagi booming-boomingnya gelato, terus di toko kelontong lagi ngetrend jualan aice, terus di mini market franchise kayak indomaret sama alfamart jualan walls sama campina. Sebenernya apa sih Perbedaan Gelato dan Es Krim? bentuknya kah? komposisi bahannya kah? 


Perbedaan Gelato dan Es Krim

Bahkan dari beberapa sumber terpercaya, ini gak hanya terjadi di Jogja. Jakarta dan Bali mulai merabah konsep 2 jenis makanan dingin ini. Mau tahu apa bedanya, yuk coba cek ulasan berikut :


Perbedaan Gelato dan Es Krim

Gelato dalam Bahasa Italia artinya es krim. Tapi yang beredar dan berkembang saat ini, gelato menjadi varian tersendiri. 

Dari proses pembuatan, es krim biasanya diaduk cepat dan kuat dibandingkan gelato. Membuat volume es krim yang dihasilkan meningkat dari yang sebelumnya 25 % menjadi 90 %. Sementara gelato bersifat home made dan diaduk dengan pelan, gelatopun menjadi jauh lebih padat. 


Dari suhu, es krim disimpan dalam suhu -12 derajat celcius sehingga lebih tahan lama. Sedangkan gelato disimpan dalam suhu yang cukup hangat 15 derajat celcius, bila gelato disimpan dalam suhu dingin seperti es krim maka gelato akan membeku dan mengeras, padahal tekstur gelato yang disajikan seharusnya lembut, padat dan elastis. Sama halnya es krim, jika es krim disajikan dalam suhu hangat maka es krim akan mencair dan encer seperti sup.


Dari segi tekstur, es krim lebih kuat krimnya, lembut dan mudah hancur karena tinggi kandungan gelembung udara. Kandungan lemak es krim berkisar 12-14 %. Rasa dari gelato tidak tajam dilidah seperti es krim, teksturnya lebih halus dan rasa susunya kuat. Kandungan lemak gelato rata-rata di bawah 10 %


Dari segi tempat, tempat jual gelato dikonsep seperti layaknya cafe, tempat nongkrong elegan dalam ruangan (indoor). Sedangkan es krim dikonsep seperti makanan ringan siap makan jadi tidak memerlukan konsep tempat makan khusus. Es krim walau ada yang melakukan konsep ala-ala es krim resto seperti Roemi di Jogja


Dilihat dari hal tersebut membuat gelato memiliki prestise yang lebih tinggi ketimbang es krim. Umumnya harga yang ditawarkan gelato berkisar mulai dari Rp. 25K dan es krim jauh lebih murah dengan porsi kecil Rp. 3K udah dapat. (Baca Juga : Es Brasil), kira-kira masyuk mana coba? apakah es krim atau gelato yang menjadi kesukaan kalian? 


Sumber : nationalgeographic.co.id dan travel.kompas.com

Artikel Terkait

Perbedaan Gelato dan Es Krim
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

POST COMMENT