Resep : Omu-Rice

Omu-Rice

Edisi Jepang (Untuk 4 Porsi)

Bahan-bahan :

Omu-Rice
Bahan Omu-Rice (Image :nhk.or.jp)
- 600 gram nasi putih hangat
- 0,5 (120 gram) bawang bombay
- 120 gram daging ayam tanpa kulit
- 30 gram mentega
- 100 ml (0,5 cangkir) saus tomat
- 6 telur
- 40 ml minyak sayur
- Garam dan Lada
- Ekstra saus tomat untuk hiasan



Petunjuk Memasak

Potong bawang bombay menjadi bentuk dadu sebesar 1 cm. Potong juga ayamnya menjadi bentuk dadu sebesar 1 cm. Taburi ayam dengan sedikit garam dan lada.


Omu-Rice

Cairkan mentega dalam panci penggorengan. Goreng bawang bombay dengan api kecil sampailunak. Masukkan ayam dan goreng hingga matang. Tambahkan saus tomat, aduk rata.

Angkat panci penggorengan dari kompor. Gunakan sendok kayu untuk mengaduk nasi hangat agar memastikan bahan-bahannya tercampur rata dengan nasi. Letakkan kembali panci penggorengan di atas kompor. Goreng dengan api sedang, bumbui dengan garam dan lada. Bagi nasi ayam goreng ini menjadi 4 porsi menggunakan pembungkus plastik, bentuk tiap porsi menjadi seperti kacang almond atau buah badam yang besar di atas piring.


Pecahkan telor dan masukkan ke dalam cawan. Buang selaput putih dari sekitar kuning telur. Bumbui dengan garam dan kocok menggunakan garpu. Bagi menjadi 4 porsi.


Hangatkan panci penggorengan kecil (berdiameter sekitar 20 cm) di atas api sedang. Masukkan 2 sendok teh minyak sayur dan pastikan minyaknya tersebar merata di panci penggorengan. Masukkan satu porsi telur yang sudah dikocok. Aduk sekali atau dua kali menggunakan garpu, lalu angkat panci penggorengan sekitar 10 cm dari kompor dan miringkan agar memastikan telurnya tersebut merata. Begitu telur dadar sudah hampir matang, angkat panci penggorengan dari kompor. Masukkan 1 porsi nasi goreng di tengahnya.



Omu-Rice

Gunakan garpu untuk mengangkat telur dadar dari panci penggorengan dan meletakkannya di atas nasi goreng. Caranya sebagai berikut :

Ungkit telur dadar dari ujung belakang panci penggorengan dan terus geser hingga ke ujung satunya. Letakkan piring di atas panci penggorengan dan balik agar telur dadar berpindah ke piring. Perbaiki bentuknya menggunakan tisu dapur. Tambahkan saus tomat di atas telur dadar. Selamat menikmati.


Sumber : www.nhk.or.jp

Artikel Terkait

Resep : Omu-Rice
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

POST COMMENT