Kenali 5 Makanan Asli Korea, Kalian Pernah Coba yang Mana?

Boomingnya industri drama dan musik Korea membuat banyak orang penasaran dengan kultur budaya Korea, terutama makanan  yang berbeda jauh dengan negara tetangganya Jepang. Dominasi makanan Korea yang dikenal ialah olahan daging babi. Tapi bagi masyarakat muslim tentu gak bisa kan? makan makanan dari daging babi.

Alternatifnya apa kalo gitu? alternatifnya ialah makanan olahan tepung atau sayur mayur. Cukup mengenyangkan dan enak. Tapi jenis makanan apa yang dimaksud? Coba simak makanan populer khas Korea, cekidot.



1. Tteokbokki

tteokbokki

Penganan ini berupa tteok dari tepung beras kemudian dimasak dengan bumbu gochujang yang pedas dan manis. Umumnya berbentuk batang silinder. Makanan rakyat ini biasa dijual di pojangmacha. Tteokbokki sekarang berwarna merah dengan tambahan cabai sehingga menambah sensasi makan.


2. Gimbap

gimbap

Mirip seperti sushi tapi ada perbedaan di dalamnya. Bentuknya serupa dengan isian nasi dibalut rumput laut disisipi daging dan sayur. Sedangkan sushi kebanyakan isiannya berupa ikan laut seperti salmon. Sering dihidangkan saat piknik, tamasya dan aktivitas luar ruang.


3. Bulgogi

bulgogi

Bulgogi sendiri ialah olahan daging sapi, yang sering digunakan daging sirloin atau daging sapi pilihan. Campuran bumbunya berupa kecap asin dan gula. Tiap daerah di Korea memiliki resep tersendiri

4. Mandu

mandu

Mandu adalah jenis pangsit  yang dibuat dengan adonan tepung dan berisi daging yang dibumbui. Awalnya makanan ini berasal dari China yang masuk ke Korea.

5. Kimchi

kimchi

Merupakan asinan sayur hasil fermentasi khas Korea, berwarna kemerahan. Sayur yang umum digunakan untuk kimchi sederhana yaitu sawi putih dan lobak.

Artikel Terkait

Kenali 5 Makanan Asli Korea, Kalian Pernah Coba yang Mana?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

POST COMMENT